Pengertian dan Jenis-jenis Artikel



          Tulisan ini dibuat atas dasar keinginan penulis yang melihat fakta tentang kurangnya tulisan yang membahas tentang apa itu artikel. Hal tersebut penulis rasakan ketika penulis membuat makalah yang berkaitan dengan pengertian dan jenis-jenis artikel. Masyarakat luas menganggap semua tulisan di media cetak (koran, majalah, tabloid, buletin, jurnal, dan news letter) sebagai artikel. Dalam dunia jurnalistik, biasanya artikel hanya menyangkut satu pokok permasalahan dengan sudut pandang hanya dari satu disiplin ilmu. Teknik penulisan artikel di dunia jurnalistik lazimnya menggunakan teknik deduktif - induktif atau sebaliknya. Selain menganggap semua tulisan di media cetak sebagai artikel, biasanya masyarakat juga tidak bisa membedakan antara artikel, opini, dan kolom.
Padahal ketiga jenis tulisan tersebut berbeda. Opini biasanya lebih mengutamakan pendapat pribadi (buah pikiran) si penulis. Sementara kolom adalah artikel, opini, esai atau tulisan lain oleh penulis tetap, yang diberi ruang (rubrik) yang tetap pula. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2006:128), “Artikel adalah karya tulis lengkap dalam majalah, surat kabar dan sebagainya”. Artinya, artikel merupakan sebuah karya tulis yang biasanya berada dalam majalah ataupun surat kabar.
            Mulyono (2012:35) menambahkan bahwa, “Artikel adalah tulisan factual (non fiksi) yang menyajikan deskripsi atau pembahasan tentang suatu masalah disertai pandangan sikap, persepsi subjektif penulis tentang suatu gejala yang berkembang di masyarakat”. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa artikel merupakan tulisan non fiksi yang berisi pandangan seseorang terhadap suatu masalah yang berkembang di masyarakat. Selanjutnya, Mulyono (2012:36) menambahkan bahwa, “Sebuah artikel layaknya ditulis oleh orang yang ahli di bidang itu atau familier dengan bidang yang dibahasnya itu”. Artinya, artikel dapat dibagi-bagi berdasarkan keahlian penulisnya. Misalnya, artikel tentang politik lazimnya ditulis oleh orang yang ahli dalam bidalng politik. Tartono (2005:85) menambahkan bahwa, “Artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, bulletin) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur”. Dengan demikian, dapat terlihat bahwa artikel tidak hanya berisi informasi yang mendidik tetapi juga dapat digunakan sebagai sarana untuk menghibur. Dikatakan demikian, karena ada beberapa jenis artikel yang ditulis secara ringan dan mudah dimengerti serta berisi informasi atau ide yang bersifat rekreatif.
            Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa artikel adalah tulisan atau karangan faktual biasanya berisi informasi, pikiran, ide yang disampaikan melalui surat kabar, majalah, buletin yang bertujuan untuk mendidik, meyakinkan, dan menghibur pembacanya.

2.3.2 Jenis-jenis Artikel
Tartono (2005:85-86) menjelaskan bahawa jenis-jenis artikel diklasifikasikan berdasarkan dari siapa yang menulis dan fungsi atau kepentingannya sebagai berikut.
Berdasarkan penulisnya, ada artikel redaksi dan artikel umum. Artikel redaksi ialah tulisan yang digarap oleh redaksi di bawah tema tertentu yang menjadi isi penerbit. Sedangkan artikel umum merupakan tulisan yang ditulis oleh umum. Jenis artikel berdasarkan fungsinya meliputi artikel khusus dan artikel sponsor. Artikel khusus adalah nama lain dari artikel redaksi. Sedangkan artikel sponsor ialah artikel yang membahas atau memperkenalkan sesuatu.

            Setiap jenis artikel tersebut memiliki ciri dan katakteristik yang berbeda-beda. Perbedaan karakteristik tersebut dibedakan atas isi artikel dan gaya penulisannya. Selanjutnya jenis-jenis artikel diungkapkan secara lengkap oleh Mulyono (2012:36-42) sebagai berikut.
1.      Artikel deskriptif
Sesuai dengan keterangan judulnya, deskriptif, artikel ini memberikan informasi tentang satu masalah sehingga pembaca mengetahuinya. Dengan begitu, artikel jenis ini tidak berisi pembahasan atau diskusi detail tentang masalah yang seyogyanya dipahami pembaca.
2.      Artikel eksplanatif
Artikel eksplanatif adalah artikel yang bertujuan memaparkan sekaligus membahas atau mengkaji satu masalah berdasarkan beberapa sudut pandang, terutama sudut pandang penulis sehingga pembaca mengetahui serta memahaminya secara detail.
3.      Artikel pemecahan masalah
Artikel jenis ini memberikan penjelasan tentang apa, mengapa, bagaimanakah masalah itu, disertai penjelasan tentang alternatif-alternatif pemecahannya.
4.      Artikel persuasive
Artikel persuasive merupakan artikel yang bernada membujuk, menyarankan, mengerahkan, mengajak (pembaca) untuk menghindari atau melakukan sesuatu yang terkait dengan pembahasan tentang masalah tertentu. Secara garis besar artikel jenis ini berisi pembahasan tentang apa, dan bagaimana kita atau pembaca harus menyikapinya.
5.      Artikel prediktif
Sesuai dengan sebutannya, artikel prediktif, tulisan jenis ini, mengetengahkan persoalan sekarang dan prediksi persoalan pada masa yang akan datang, disertai langkah-langkah menyongsong harapan yang diprediksikan.

            Jenis-jenis artikel yang diuraikan di atas, diklasifikasikan berdasarkan isi dan tujuan yang disampaikan dalam artikel. Hal tersebut dapat terlihat dari fungsi dan tujuan artikel tersebut.
            Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa jenis-jenis artikel dapat diklasifikasikan berdasarkan penulis dan isi tulisannya. Selain itu, jenis-jenis artikel pun dapat dibagi berdasarkan isi artikel tersebut. Berdasarkan tujuan penulisannya artikel dapat diklasifikasikan menjadi artikel deskriptif. Artikel eksplanatif, artikel pemecahan masalah, artikel persuasif, dan artikel prediktif.